Tari Barong Bali

Tari Barong Bali

Tari Barong Bali menggambarkan pertarungan antara kebajikan (Barong) melawan kebatilan (Rangda). Menurut umat Hindu Bali, barong adalah binatang purbakala yang menjadi simbol kebajikan. Sedangkan Rangda adalah binatang purbakala mahadahsyat yang menggambarkan kebatilan.

Pertunjukkan Tari Barong Bali ini juga mempertunjukkan adegan-adegan yang seru yaitu adegan debus dimana terdapat bebrapa orang yang telah di ciprati air suci dan dikuasai oleh makhluk halus mensukkan kerisnya didada.

Di Pulau Bali ada beberapa jenis tarian barong yang dimainkan, yaitu diantaranya Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Macan, Barong Landung. Akan tetapi, di antara beberapa jenis tarian barong yang paling sering menjadi suguhan wisata adalah Barong Ket, atau Barong Keket yang mempunyai kostum dan tarian cukup lengkap.Kostum dalam tarian Barong Ket pada umumnya menggambarkan perpaduan antara singa, harimau, dan lembu.

Tarian Barong Bali ini dimainkan oleh dua orang penari (juru saluk/juru bapang): satu orang penari mengambil posisi di depan memainkan gerak kepala dan kaki depan Barong, sementara penari kedua berada tidak jauh di belakang memainkan kaki belakang dan ekor Barong.

Lokasi Pertunjukan Tari Barong Bali

Menonton seni pertunjukan ini, wisatawan dapat menuju Desa Batu bulan melalui Kota Denpasar, Ibu Kota Provinsi Bali. Dari Kota Denpasar, Batubulan berjarak sekitar 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (taksi/mobil carteran).

Sementara, jika wisatawan memulai perjalanan dari Pantai Kuta atau kawasan Nusa Dua, dibutuhkan waktu sekitar +45 menit.Untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong Bali , wisatawan domestik maupun mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 per orang.

Dengan membayar tiket sejumlah itu, wisatawan juga akan memperoleh panduan cerita pementasan dalam bentuk cetak dengan berbagai pilihan bahasa, antara lain bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Italia, Jepang, dan Mandarin.Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga dapat menyewa jasa travel untuk menonton tarian ini.

Penyedia jasa Paket Tour Bali umumnya telah memiliki jadwal tetap pertunjukan Tari Barong Bali di Desa Batubulan. Namun, apabila ingin lebih leluasa dengan agenda wisata yang diinginkan, wisatawan dapat menyewa mobil carteran dengan biaya sewa yang dihitung per hari.

Sejarah Tari Barong Bali

istilah “barong” dipercaya muncul menurut istilah bahrwang yg secara bebas dapat diartikan menjadi beruang. Beruang ini dianggap menjadi sebuah kekuatan mistis, fauna mitos yg mempunyai kekuatan mistik tinggi sebagai akibatnya dipuja menjadi pelindung.

Beberapa asal menyampaikan bahwa sejarah Tari Barong Bali adalah saduran menurut cerita masyarakat Tiongkok adalah Barongsai, sementara beberapa orang lainnya menganggap ada perbedaan yang sangat jelas antara Barongsai serta Barong di mana menurut mereka tarian Barong memiliki nilai cerita yang baik serta tidak jarang diselingi sang humor yg segar sehingga dapat menjaga penonton agar nir bosan.

Tari Barong Bali ini menceritakan mengenai kisah yg paling tak jarang diceritakan dalam cerita masyarakat manapun adalah tentang pertempuran diantara pihak baik melawan pihak jahat.

Sepanjang sejarah tari Barong Bali, pihak yg baik selalu digambarkan dengan sosok Barong, makhluk buas berkaki empat yang di dalamnya dikendalikan sang dua orang penari.

Pihak jahat jua selalu digambarkan beserta sama, merupakan Rangda, sebuah sosok seperti perempuan menakutkan yang memiliki dua butir taring akbar pada mulutnya.

Terdapat pandangan yang berbeda mengenai sejarah tari Barong Bali ini, dimana keliru satu pandangan menyatakan bahwa tari Barong adalah sebuah seni yg sudah sejak lama ada pada Indonesia, sebuah kesenian bawaan berdasarkan rakyat Austronesia.

Kali pertama pada sejarahnya tari Barong Bali dijadikan pertunjukkan adalah dalam abad ke-19 di mana dalam ketika itu Raja Kelungkung yang memiliki nama atau julukan Ida I Dewi Agung Sakti meminta diadakannya pertunjukkan yang bentuknya adalah wayang orang dengan total penari kurang lebih 36 orang dimana sebagian menurut penari tersebut harus berperan menjadi pasukan berdasarkan seekor raja simpanse dan sebagian lagi berperan sebagai pasukan rahwana.

Jeni Jenis Tari Barong Bali
Tari Barong Ket :

Barong Ket atau Barong Keket adalah tari Barong yang paling banyak tersedia di Bali dan paling sering dipentaskan dan memiliki pebendaharaan laju tari yang lengkap. Dari wujudnya, Barong Ket ini merupakan perpaduan antara singa, macan, sapi atau boma.

Badan Barong ini dilengkapi dengan ukiran terbuat dari kulit, ditempel kaca cermin yang berkilauan dan bulunya dibuat dari perasok (serat dari daun mirip tanaman tanaman), ijuk atau ada pula dari bulu burung gagak.

Tari Barong Bangkal :

Bangkal berarti babi besar yang dilakukan tua, oleh sebab itu Barong ini mirip dengan bangkangan, Barong ini biasa juga disebut Barong Celeng atau Barong Bangkung.

Dipentaskan dengan berkeliling desa (ngelelawang) oleh dua orang penari pada hari-hari tertentu yang disebut keramat atau saat yang disebut wabah penyakit menyerang desa tanpa membawakan sebuah lakon dan diiringi dengan gamelan batel / tetamburan

Tari Barong Landung :

Barong Landung adalah satu wujud susuhunan yg berwujud manusia tinggi mencapai 3 meter. Barong Landung tidak sama dengan barong ket yang sudah dikomersialisasikan.

 Barong Landung lebih sakral dan kekuatannya sebagai pelindung dan pemberi daya. Barong Landung banyak dijumpai penginapan Bali Selatan, spt Badung, Denpasar, Gianyar, Tabanan.

Tari Barong Macan :

Sesuai dengan namanya, Barong ini menyerupai macan dan termasuk jenis barong yang terkenal di kalangan masyarakat Bali. Dipentaskannya dengan berkeliling desa dan adakalanya dilengkapi dengan dramatari semacam Arja dan diiringi dengan gamelan batel.

Rangda :

Rangda adalah ratu dari para kebocoran dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memanggil anak-anak kecil dan juga yang menggunakan pasukan nenek sihir melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik.

Promo : Sewa Hiace Di Bali

 

Jika anda ingin membeli tiket di lokasi, tentunya anda akan memerlukan sarana transfortasi untuk menuju ke lokasi pementasan. Mengunakan taksi tentunya akan lebih mahal, karena letak lokasi yang jauh dari kawasan wisata Kuta, Seminyak ataupun Ubud.

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan tranfortasi murah untuk ke lokasi pementasan tarian Barong Batubulan? Menggunakan jasa sewa mobil bali dengan driver adalah cara terbaik untuk menghemat biaya transfortasi anda.

Kenapa dengan menggunakan jasa sewa mobil + driver di Bali kami katakan biaya akan lebih murah. Jawabanya, saat anda liburan di bali, pastinya anda tidak hanya ingin menonton tari barong saja.

Setelah menonton tari barong bali di Batubulan, anda dapat meminta supir yang anda sewa untuk mengantar anda ke objek wisata lain. Apalagi Batubulan sangat dekat dengan pasar seni Sukawati, Monkey Forest dan sawah terasering Tegalalang.